Thursday, April 25, 2013

3:18 AM

Masakan khas korea selatan - Tidak hanya terkenal dengan musik KPOPnya saja. Korea selatan juga mempunyai aneka masakan khas yang banyak digemari oleh masyarakat dunia. Masakan Korea memang terdiri dari berbagai jenis mulai dari masakan khas istana yang pembuatannya sangat rumit hingga masakan modern. Jika kamu sedang mencari referensi masakan khas korea mungkin salah satu dari 5 masakan Korea berikut ini patut anda coba.


Masakan Khas Korea


1. Dakjuk 

Masakan khas Korea yang pertama adalah Dakjuk. Dajuk adalah daging ayam yang direbus dalam air panas yang sudah dicampur dengan bawang merah dan bawang putih serta bumbu-bumbu. Kemudian ditambahkan nasi dan dimasak hingga matang. Jika sudah matang, masakan ini hampir menyerupai dengan nasi bubur. Dajuk banyak digemari oleh anak-anak dan menjadi santapan untuk orang sakit, karena masakan ini tidak pedas dan mudah dicerna.




2. Japchae

Japchae adalah makanan Korea berupa sohun yang dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging sapi. Makanan ini dimakan sebagai lauk, terutama dalam pesta dan kesempatan khusus. Sayuran yang digunakan biasanya sayuran yang ada pada musim itu.
Bahan-bahan seperti daging sapi dan sayuran, wortel, paprika, jamur shiitake, bawang bombay, dipotong kecil-kecil memanjang. Kemudian ditumis secara terpisah untuk mempertahankan aroma dan rasa. Bumbu berupa bawang putih, kecap asin, dan gula pasir ditumis dengan minyak wijen bersama daging sapi.
Di dalam wadah, semua bahan dicampurkan ke dalam sohun yang sudah direbus. Aduk-aduk bersama minyak wijen, irisan cabai, dan wijen. Nasi dengan japchae disebut japchae-bap.

3. Ddukbokkie

Ddukbokkie merupakan jajanan yang dapat ditemui di seluruh jalanan di Korea, terutama pada malam hari. Makanan ini biasa dimakan sebagai camilan dan sangat terkenal di Korea. Ddujbokkie dibuat dari kue ikan, telur rebus, dan ditambahkan saus pedas manis (gojuchang). Saat musim dingin di Korea, paling enak mampir di warung tenda (pojangmacha) sambil menikmati Ddukbokkie yang hangat.



4. Soondubu Jiggae

Ini merupakan sup yang sangat terkenal khas korea. Soondubu Jiggae adalah sup kental yang terbuat dari rebusan ikan, daging sapi, lada, tofu, dan telur. Makanan ini disajikan dalam mangkok khusus dan disajikan untuk perorangan. Mangkok tersebut mampu menyerap panas, sehigga Soondubu Jiggae sangat lezat karena dalam keadaan yang tidak mudah dingin.





5. Seolleongtang 

Masakan ini biasanya tersedia di Restiran khusus. Seolleongtang adalah masakan khas Korea yang terbuat dari sup kaldu tulang sapi yang direbus dengan waktu yang lama. Masakan ini juga mengandung gizi dari tulang sapi yang bagus untuk kesehatan. Semangkuk seolleongtang memiliki kandungan 540 kcal energi, 25 gram protein, 12 gram lemak, 28 gram karbohidrat dan juga diperkaya dengan vitamin A (57 RE), vitamin C (11 mg), dan kalsium (45 mg).



Apakah anda sudah mencoba salah satu masakan di atas?

Sumber: Republika.co.id

0 comments:

Post a Comment