Monday, April 29, 2013

6:58 AM

Makanan khas Bali - Pulau Dewata kaya akan tempat pariwisata yang Indah. Semua orang dari pelosok di dunia berbondong-bonding datang ke bali untuk menikamati keindahan alam di Bali. Bali mempunyai pesona yang sangat memukau. Tidak hanya dengan keindahan alamnya, Bali juga mempunyai kuliner khas yang terkenal. Tidak lengkap jika kamu berwisata ke Bali namun belum pernah mencicipi salah satu masakan khas bali berikut ini.

Ayam betutu


Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh yang berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Betutu ini telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali. Salah satu produsen betutu adalah desa Melinggih, kecamatam payangan kabupaten Gianyar. Ayam betutu juga merupakan makanan khas Gilimanuk. Betutu digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat serta sebagai hidangan dan di jual. Konsumennya tidak hanya masyarakat Bali tapi juga tamu manca negara yang datang ke Bali, khususnya pada tempat-tempat tertentu seperti di hotel dan rumah makan atau restoran. Betutu tidak tahan disimpan lama.

Srombotan


Srombotan adalah sayuran khas Klungkung Bali, terbuat dari sayur buah botor muda atau paku, toge, kobis yang dimasak setengah matang. kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. Cara memasaknya yaitu degan dimasak hingga kental. Kalas inilah yang menjadi ciri khas serombotan yang kalau dihidangkan harus menggunakan kacang goreng dan nasinya bercampur ubi jalar atau nasi oran sele orang Bali menyebutnya. Sayur ini sudah mendunia, karena restorant Made dan beberapa restorant di Bali menjadikannya sebagai hidangan utama pada menunya. Adalah Bondan WInarno pembawa acara wista kuliner di trans tv yang memberikan istilah MAKNYUS alias enak murah dan enak untuk Srombotan ini. Dia seakan menjadi icon utama dibalik kelesatan sayuran di Bali saat ini

Babi guling


Babi guling (di Bali disebut be guling) adalah sejenis makanan yang terbuat dari anak babi betina atau jantan yang perutnya diisikan dengan bumbu dan sayuran seperti daun ketela pohon dan lalu dipanggang sambil diputar-putar (diguling-gulingkan) sampai matang dengan ditandai dengan perubahan warna kulit menjadi kecoklatan dan renyah. Awalnya babi guling pada mulanya digunakan untuk sajian pada upacara baik upacara adat maupun upacara keagamaan, namun saat ini babi guling telah dijual sebagai hidangan baik di warung-warung, rumah makan, bahkan hotel-hotel tertentu di daerah Bali.

Nama babi guling untuk daerah Bali lebih dikenal dengan be guling. Sebetulnya be guling dapat dibuat dari jenis daging lainnya seperti itik dan ayam. Babi guling yang paling terkenal berasal dari kabupaten Gianyar.

Timbungan


Timbungan sebenarnya suatu proses mengawetkan makanan agar tidak cepat basi. Caranya adalah dengan memasukkan makanan kedalam bambu yang telah dipotong kecil-kecil, biasanya berukuran satu ruas. Namun masyarakat menyebit makanan yang diawetkan tersebut dengan Timbungan. Hanya hari-hari tertentu saja, timbungan bisa dijumpai di Bali. Biasanya makanan ini bisa ditemui ketika hari raya Galungan dan Kuningan. Makanan ini mempunyai rasa enak dan gurih.

Bagaimana, sudahkah kamu mencoba salah satu kuliner khas Bali di atas?

0 comments:

Post a Comment