Friday, January 17, 2014

3:58 PM
Sumbawa besar berada di propinsi Nusa tenggara bagian timur. Seperti kita ketahui Indonesia bagian timur mempunyai tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Keindahan alam dan arsitektur bangunan yang unik menjadi magnet tersendiri. Berikut adalah beberapa obyek wisata di Sumbawa Besar ydan beberapa berhasil diabadikan oleh Traveler profesional, Barry Kusuma.


Wisata Sumbawa


1. Istana Tua Loka


Istana Tua Dalam Loka terlihat sangat megah dan Istana ini didirikan pada tahun 1885 Masehi dan tercatat sebagai rumah panggung terbesar di dunia. Terletak di jantung kota Sumbawa Besar sehingga tidak susah untuk kesananya. istana ini memiliki luas bangunan 904 meter persegi dan pantas tercatat sebagai salah satu rumah panggung terbesar di Dunia. Istana Tua Dalam Loka dibangun pada era Sultan Muhammad Syah III (1883 – 1931) yang merupakan sultan ke-16 dari Dinasti Dewa Dalam Bawa. Sultan Muhammad Jalaluddin Syah III dikukuhkan sebagai penguasa Sumbawa berdasarkan Akte Pemerintah Kolonial Hindia Belanda tanggal 18 Oktober 1883. Mulai saat itulah rakyat Sumbawa merasakan penjajahan kolonial Belanda.

Yang menarik adalah Bahan baku pembangunan istana yang sebagaian besar didatangkan dari pelosok desa di sekitar istana. Kayu jati berukuran besar berasal dari hutan Jati sedangkan atapnya yang terbuat dari seng berasal dari Singapura. Bangunan istana yang kini digunakan sebagai Museum Daerah Sumbawa ini sarat akan pesan filosofis dan merupakan simbol landmark Kota Sumbawa Barat. Sayangnya bangunan ini kurang terawat dan terkesan dibiarkan.



2. Wisma Praja


Landmark lainnya dari Sumbawa Barat ini adalah Wisma Praja, Bangunan ini Merupakan Istana Belanda pada tahun 1932, tempat sebagai kediaman terakhir Sultan Kaharuddin III, beliau melakukan kegiatan pemerintahan disini. Sekarang digunakan sebagai tempat penerimaan tamu – tamu agung dan kegiatan – kegiatan upacara / resepsi yang bersifat formal, serta pertemuan kepemerintahan lainnya. Untuk memotretnya lebih baik menjelang sore hari, karena kebalikan dari Istana Tua Loka, saat yang tepat matahari mengenai bangunan adalah disore hari.



3. Pantai Kencana


Pantai Kencana ini merupakan tempat rekreasi yang sudah punya infrastruktur yang lengkap, karena disini berdisi sebuah hotel. untuk menuju Pantai Kencana ini jaraknya sekitar 11 km dari Kota Sumbawa Besar dan merupakan pantai yang cukup menawan & ditata rapi. Dengan bentuk pantai yang melengkung dan di kedua ujung lengkungannya masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Terutama di lengkungan bagian kanannya berdiri batu karang berbentuk alami dengan bolongannya. di Pantai Kencana ini kita bisa menyaksikan Sunset dan hunting human interest orang yang sedang bermain disini, siapkan lensa wide dan tripod agar bisa mendapatkan hasil foto alam yang memukau.




4. Desa Poto

Sumbawa dikenal sebagai penghasil madu hutan terbaik, selain Madu Hutan ternyata di Sumbawa Besar sangat terkenal akan kerajinan tangan Tenunnya yang begitu melegenda. kerajinan Tenun Sumbawa begitu khas, dan terbukti mempunyai kualitas yang terbaik diantara semua tenun yang ada di Indonesia. Desa Poto merupakan Salah satu desa di Kabupaten Sumbawa yang tetap memelihara kelestarian budaya daerah seperti tenunan tradisional ini, disini kita bisa melihat langsung bahkan bisa memotret pembuatan Tenun Sumbawa. selain pembuatan tenun kita juga bisa melihat kerajinan lain seperti pembuatan gerabah dan atraksi permainan rakyat seperti pacuan kuda, karapan kerbau. untuk dua atraksi terakhir ini memang ada masanya, biasanya setelah panen.untuk menuju ke Desa Poto yang letaknya di Kecamatan Moyo Hilir kira-kira 13 km dari kota Sumbawa besar dapat dijangkau dengan sarana transportasi darat seperti angkutan umum ataupun menggunakan mobil.




5. Kuliner Seafood


Kuliner Sumbawa Besar memang tidak jauh dari hasil laut, ya Seafood di Sumbawa Besar sangat terkenal. karena letak Sumbawa Besar ini dekat dengan laut yang membuat hasil laut didaerah ini melimpah, ada beberapa kuliner khas daerah seperti ikan pepes dan sambal mangga. oiya jika ke Sumbawa Besar harga ayam lebih mahal dari Ikan, jadi lebih baik memakan ikan disini selain segar harganya pun juga terjangkau.





Sumber

Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment